jurnal refleksi modul 2.1

Materi pembelajaran pada modul 2.1 ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan peran saya sebagai Calon Guru Penggerak.

Sebagai seorang guru, saya memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa semua murid saya dapat belajar secara optimal, terlepas dari perbedaan individu mereka.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu pendekatan yang dapat saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam.

CHALLENGE

Salah satu ide yang berbeda dari praktik yang saya jalankan selama ini adalah tentang pentingnya memahami perbedaan individu murid.

Selama ini, saya cenderung memberikan pembelajaran yang sama kepada semua murid, tanpa  empertimbangkan perbedaan kemampuan, minat, dan gaya belajar mereka. Hal ini mungkin tidak efektif untuk memenuhi kebutuhan belajar semua murid.

CONCEPT

Berikut adalah beberapa konsep utama yang saya pelajari dalam modul 2.1 ini:

Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah pendekatan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam. 

Pendekatan ini menekankan pada pentingnya guru untuk memahami perbedaan individu murid, sehingga dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Gaya belajar: Gaya belajar adalah cara murid menyerap dan memproses informasi. Setiap murid memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, ada yang lebih suka belajar secara visual, auditori, atau kinestetik.

Strategi pembelajaran berdiferensiasi adalah strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar murid. Ada berbagai strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan oleh guru, yakni: diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.

Diferensiasi konten adalah strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kesiapan belajar murid.

Guru dapat memberikan materi yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesiapan belajar murid.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah refleksi pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan

TUGAS 3.1.a.6. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Eksplorasi Konsep modul 3.1