Mulai dari diri "Refleksi, Nilai dan Peran Guru Penggerak"

REFLEKSI 1
1. Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan disana ?
- peristiwa positif : saat kelas 6 SD, saya pertama kali memenangkan lomba renang tingkat kabupaten Probolinggo
-peristiwa negatif: saat SMP kls 1, saya dihukum guru saya karena bermain lempar lemparan kertas di kelas.

2. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing masing peristiwa tersebut.
- peristiwa positif : teman satu tim renang di sekolah, pelatih renang.
-peristiwa negatif: teman sekelas saya, dan guru saya.

3. Dampak emosi appa saja yg saya rasakan hingga sekarang ( silahkan gunakan roda emosi pluthcik di gambbar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan bapak / ibu di masa itu)
- pada peristiwa positif : saya merasakan kegembiraan yang luar biasa karena memenangkan perlombaan tersebut untuk pertama kalinya, dan membawa nama baik sekolah, dan itu berdampak sampai event event atau perlombaan yang saya ikuti, atau yang saya bina sampai sekarang.
-pada peristiwa negatif : saya sangat sedih sekali dan menyesali perbuatan saya.

4. Mengapa moment yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat mempengaruhi diri sayaa di masa sekarang?
-sampai sekarang masih teringat jelas karena Membekas di memori saya.

5. Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi , terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?
- peristiwa yang membekas di ingatan saya dan melibatkan emosi saya, karena itu saya sadar untuk selalu berusaha menumbuhkan emosi positif anak didik saya.

6. Bagaimana saya menuliskan nilai nilai yang saya yakini sebagai seorang guru dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata kata "guru","murid", "belajar", "peran", "makna"?
- guru memiliki peran untuk membuat kegiatan belajar murid bermakna.

REFLEKSI 2
1. Apa nilai nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya ?
- aktif, saya berusaha aktif dalam setiap kegiatan yang melibatkan sekolah, kelas dan murid.
-tanggung jawab, saya selalu berusaha bertanggung jawab terhadap setiap tugas dan kewajiban saya.
-kolaboratif : saya dapat beradaptasi dengan rekan guruu lain dalam kegiattan yang ada di sekolah.

2. Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru dan komunitas sekolah saya ?
-memberikan contoh dan menjaadi tauladan yang baik untuk anak didik saya, menjadi teman yamg bisa untuk diajak bertukar pikiran, dan berpendapat pada rekan guru saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah refleksi pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan

TUGAS 3.1.a.6. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Eksplorasi Konsep modul 3.1